Tuesday, 5 October 2021

Pengembangan Sistem HRM Terintegrasi dengan pendekatan ERP

Pengertian ERP

ERP merupakan sistem informasi terintegrasi yang dimaksud dalam upaya peningkatan kualitas perusahaan. Khususnya untuk perusahaan distributor, pengelolaan proses bisnis secara konvensional dapat berpengaruh pada kualitas performa dari perusahaan itu sendiri.


ERP dalam Human Resources Management

Salah satu cara mengatasi permaslaahan yg kompleks dalam sistem adalah dengan penerapan ERP.
Pengintegrasian data yang sebelumnya konvensional menjadi terkomputerisasi membuat segala proses berjalan dengan lebih baik.

Maryam Shahzadi dalam penelitiannya melakukan analisa untuk membuktikan pengaruh ERP dalam HRM yang berhasil membuktikan bahwa ERP membantu peningkatan produktifitas organisasional HRM khususnya pada pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Penelitian ini bertujuan untuk menyederhanakan proses bisnis yang ada dalam HRM, dengan sistem yang terkomputerisasi dan terintegrasi, pegawai atau user dapat memperoleh data yang lebih akurat dan real time, meminimalisir penggunaan kertas yang digunakan dalam aktivitas HRM dan waktu yang diperlukan untuk transaksi data dan mengelola data records.

Hasil observasi dan wawancara di lapangan memungkinkan untuk dilakukannya pemodelan HRM baru dengan aplikasi Odoo. Persepsi manajemen terhadap perkembangan teknologi, integrasi, dan menciptakan peningkatan kualitas, mendorong dilakukannya perbaikan HRM yang ada dengan menggunakan Odoo.

Metodologi Penelitian

Metodologi pengumpulan data ada dua yaitu melalui wawancara dan observasi langsung. 
Wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan cara diadakan tanya jawab secara langsung kepada manajer perusahaan dan para pegawai di departemen yang berhubungan langsung dengan setiap proses yang ada di perusahaan. 
Observasi merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan secara langsung teterhadap prosedur, proses dan masalah yang ada pada setiap proses yang ada di perusahaan.

Kajian Pustaka
  • Sistem Informasi
Sistem informasi adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan yang berfungsi mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung keputusan dan pengawasan dalam organisasi.

  • Human Resources Management

Human Resources Management adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Tanpa HRM dalam perusahaan tidak akan ada visi yang jelas, kesempatan dan sumber daya akan menjadi sia-sia, dan potensial tenaga kerja akan tetap tidak termanfaatkan dengan baik. Mendapatkan bakat yang tepat adalah kunci untuk membangun kepemimpinan perusahaan

  •  Enterprise Resource Planning

Enterprise Resource Planning(ERP) adalah paket perangkat lunak aplikasi multimodul terintegrasi yang dirancang untuk melayani dan mendukung berbagai fungsi bisnis dan fungsifungsi yang memperlakukan bisnis sebagai suatu kesatuan yang utuh, yang memungkinkan data sharing antar departemen yang berbeda.

  • Odoo

Odoo adalah sebuah perangkat lunak manajemen perusahaan berbasis Open Source yang merupakan salah satu dari aplikasi ERP yang praktis dan mudah digunakan, yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan perusahaan dan proses, serta membantu meningkatkan kinerja bisnis.


 Gambaran Umum Sistem

Gambaran umum dari sistem yang dikerjakan merupakan gambaran dari alur atau flow tahapan yang dilakukan dalam penelitian.




Alur Kerja Proses Bisnis yang Diusulkan







Kesimpulan

Perancangan sistem HRM pada penelitian ini telah berhasil diimplementasikan pada aplikasi Odoo. Sistem membantu pengelolaan proses bisnis yang masih dilaksanakan secara konvensional. Optimalisasi dalam setiap proses meningkatkan kualitas keamanan dengan adanya pengaturan hak akses user dan keakuratan data yang didapat dengan transaksi data yang real time dalam proses bisnis manajemen human resources. Dibandingkan dengan cara konvensional, sistem yang dirancang bekerja lebih praktis tidak lagi diperlukan pencatatan manual yang terpisah dan tidak terkomputerisasi serta menghasilkan efisiensi waktu dengan mengurangi durasi waktu yang sebelumnya diperlukan untuk pencatatan dan penyimpanan dokumen dari setiap proses bisnis secara manual.


No comments:

Post a Comment